KEMENAG: AWAL TAHUN DEPAN, PEMERINTAH AKAN REKRUT 100 RIBU GURU PNS SECARA NASIONAL

SUARAPGRI - Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) RI berencana mengangkat guru-guru pendidikan agama Islam sebagai pegawai negeri sipil (PNS).


“Pemerintah sekarang ingin mengangkat guru-guru menjadi guru PNS, karena memang kita mengalami kekurangan guru secara nasional dan tahun ini mudah-mudahan guru bisa direalisasikan pada tahun depan,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat berdiskusi dengan para guru pendidikan Agama Islam di sekolah mulai dari jenjang TK, SMA/SMK, hingga perguruan tinggi umum (PTU) terkait Moderasi Beragama di Hotel Sheraton, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Lukman juga menuturkan, pada awal tahun depan, pemerintah akan merekrut kurang lebih sekitar 100.000 guru PNS secara nasional.

“Saya dan teman-teman di Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam terus berdiskusi dengan jajaran Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Bappenas (Badan Perencanaan Pambangunan Nasional) pasti mengikutinya,” tuturnya.

“Diskusi kita juga ingin mendapatkan itu (kuota pns guru) 20.000 lah itu yang guru-guru di sejumlah pendidikan kita di madrasah kita, tapi juga yang termasuk guru- guru agama di sekolah-sekolah umum dan juga di PTU (perguruan tinggi umum) termasuk dosen,” pungkas Menag Lukman.

Lebih lanjut lagi, Lukman menambahkan, jika mendapatkan alokasi guru PNS tersebut, pihaknya akan memprioritaskan untuk guru-guru PAI (pendidikan Agama Islam).

“Prioritas ada di guru-guru PAI untuk mendapatkan porsi yang lebih besar dari alokasi ini, memang sudah kita antisipasi,” ujarnya yang langsung diberi tepuk tangan oleh sekitar 350 tamu undangan.

Ikut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kamaruddin Amin, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Mastuki, Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Syafei, pejabat di Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, dan pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah, para pengawas, dosen, pada pendidikan umum.

(sumber: kompas.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEMENAG: AWAL TAHUN DEPAN, PEMERINTAH AKAN REKRUT 100 RIBU GURU PNS SECARA NASIONAL"

Posting Komentar